Saturday, August 20, 2011

[TERJAWAB] Kenapa Mahmoud Ahmadinejad Hidup Sederhana

Biografi :

Mahmoud Ahmadinejad atau bisa dibaca Ahmadinezhad (bahasa Persia: ; lahir 28 Oktober 1956) adalah Presiden Iran yang keenam. Jabatan kepresidenannya dimulai pada 3 Agustus 2005. Ia pernah menjabat walikota Teheran dari 3 Mei 2003 hingga 28 Juni 2005 waktu ia terpilih sebagai presiden. Ia dikenal secara luas sebagai seorang tokoh konservatif yang mempunyai pandangan Islamis.


Lahir di desa pertanian Aradan, dekat Garmsar, sekitar 100 km dari Teheran, sebagai putra seorang pandai besi, keluarganya pindah ke Teheran saat dia berusia satu tahun. Dia lulus dari Universitas Sains dan Teknologi Iran (IUST) dengan gelar doktor dalam bidang teknik dan perencanaan lalu lintas dan transportasi.

Pada tahun 1980, dia adalah ketua perwakilan IUST untuk perkumpulan mahasiswa, dan terlibat dalam pendirian Kantor untuk Pereratan Persatuan (daftar-e tahkim-e vahdat), organisasi mahasiswa yang berada di balik perebutan Kedubes Amerika Serikat yang mengakibatkan terjadinya krisis sandera Iran.

Pada masa Perang Iran-Irak, Ahmedinejad bergabung dengan Korps Pengawal Revolusi Islam pada tahun 1986. Dia terlibat dalam misi-misi di Kirkuk, Irak. Dia kemudian menjadi insinyur kepala pasukan keenam Korps dan kepala staf Korps di sebelah barat Iran. Setelah perang, dia bertugas sebagai wakil gubernur dan gubernur Maku dan Khoy, Penasehat Menteri Kebudayaan dan Ajaran Islam, dan gubernur provinsi Ardabil dari 1993 hingga Oktober 1997.

Ahmadinejad lalu terpilih sebagai walikota Teheran pada Mei 2003. Dalam masa tugasnya, dia mengembalikan banyak perubahan yang dilakukan walikota-walikota sebelumnya yang lebih moderat dan reformis, dan mementingkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan-kegiatan di pusat-pusat kebudayaan. Selain itu, dia juga menjadi semacam manajer dalam harian Hamshahri dan memecat sang editor, Mohammad Atrianfar, pada 13 Juni 2005, beberapa hari sebelum pemilu presiden, karena tidak mendukungnya dalam pemilu tersebut.



KesederHanaan :




Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.



Mahmoud Ahmadinejad mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

Mahmoud Ahmadinejad kerap mengadakan rapat dengan menteri-menterinya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri-menterinya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.
Saat harus menginap di hotel, Mahmoud Ahmadinejad meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena Mahmoud Ahmadinejad tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden?

Semua fasilitas penerbangan VVIP untuk presiden dia ganti semua dengan kelas yang sederhana.
Dia merupakan technocrat, activist, scientist.   

Beliau merupakan salah satu dari 7manusia berhati mulia di dunia versi berbagai acara TV di dunia.

Lalu kenapa beliau yang sebagai Presiden Iran, punya kekuasaan, memiliki hidup yang sederhana?


KARENA BELIAU MENIRU NABI MUHAMMAD SAW.

Nabi Muhammad SAW. adalah nabi yang sederhana. Namun begitu, begitu bukanlah nabi yang miskin. Beliau juga sebagai pemimpin yang mempunyai kekuatan politik, ekonomi, budaya, ideologis yang kuat baik secara lokal maupun internasional.

Sama halnya dengan Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden Iran, dia punya kekuatan dan kekuasaan yang besar. Mahmoud Ahmadinejad meniru Nabi Muhammad SAW melakukan ZUHUD.

Zuhud adalah meninggalkan dunia dan harta benda karena pilihan. Sekilas, Mahmoud Ahmadinejad menjalani kehidupan yang hampir sama dengan orang orang miskin. Tidur hanya dialasi karpet, makan pun hanya berupa bekal roti keju yang setiap hari dibuatkan istrinya, dan pernah shalat di pinggir jalan.

Mahmoud Ahmadinejad melakukan itu semua bukan karena dia miskin, tapi karena ia memilih untuk melakukan itu. Ia memilih untuk melakukan apa yang dilakukan Rasulullah SAW.

Sungguh, Nabi Muhammad SAW. merupakan sebaik-baik teladan. Barangsiapa yang melakukan apa yang Rasulullah lakukan, Insya Allah hidupnya akan selamat dunia akhirat. 


Gimana niy coba bandingin dengan para pemimpin bangsa Qta?? HeHe... yg ada presiden Qta curHat belum naik gaji muLu... waduH... :)
Seandainya banyak pemimpin pemimpin di dunia yg memiLiki aHLak seperti ini pasti rakyat Hidup makmur, baHagia dan dunia makin tambaH peace!!

Karena saat Qta laHir ke dunia fana ini pun tidak membawa apa2...begitu juga saat Qta meninggaLkan dunia ini.
Jadi BAGAIMANA KAU MERASA BANGGA AKAN DUNIA YANG SEMENTARA??

PaLing benci deH gw sama orang sombong, punya apa bangga...pamer... kaya anak keciL banget ga siy? MaLez gewLa =D
LiHatLaH banyak orang yg "LebiH" dari dirimu tapi mereka tidak sombong!!!

I know him from my friend @ Senior High School. I just wondering why she likes n adore Mahmoud Ahmadinejad. I try n find out,,,, n I know what a great man he is. Bless him. Hope another Mahmoud Ahmadinejad living and alive in this damn world fight for justice and peace...aamiin.

x.o.x.o
keLinci putiH

2 comments:

  1. Wah, andai para petinggi negeri ini punya konsep yg sama, betapa bahagia rakyatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar!... HeHe maLu dibaca sm anak IBB, aku cm ikut join doank :P

      Delete