Thursday, August 2, 2012

Ramadhan Edition : Perbanyak Ibadah & Amalan di Bulan Penuh Berkah.


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” 
(Q.S Al Baqarah, 2:183)

"Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri r.a : Rasulullah s.a.w bersabda: Setiap hamba yang berpuasa di jalan Allah, Allah akan menjauhkannya dari api Neraka 
sejauh perjalanan tujuh puluh tahun" [Bukhari-Muslim]

Kehadiran bulan penuh berkah ini dinanti setiap kaum muslimin, terutama mereka yang mengetahui arti hadirnya Ramadhan. Banyak keutamaannya di bulan ini. Bagi yang menyadari kurangnya bekal saat Hari perhitungan kelak, tak ada rasa lain, kecuali bahagiiiaaaaa menyambut Ramadhan. Di bulan ini banyak yang berlomba lomba menabung ibadah, amalan, pahala sebagai bekal di akhirat nanti,,, so dont miss it :) 
Banyak sekali amalan amalan sederhana yang dapat kita lakukan di bulan Ramadahan ini. Yuk kita lihat apa saja ^_^ 

1.   Ayo Senyum.
Sudah pada tahu dong ya kalau senyum itu ibadah. Dengan kamu senyum, orang disekitar kamu hatinya jadi adem loh. Coba kalau kamu merengut, cemberut, mukanya serem….kan orang lain juga males lihatnya. ^ U ^


2.   Tingkatkan Ibadah & Amalan Lebih 
Jika di hari - hari biasa saja kita bisa mengerjakan sholat-sholat sunah, tadarus, sedekah, infaq, berdzikir, dan lainnya, maka pada saat bulan Ramadhan ini lebih ditingkatkan lagi. 
Dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah di bulan Ramadhan, seperti :

a. Qiyamu Ramadhan (sholat Tarawih) dengan berjamaah.
b. Sedekah.
c. Membaca Al Qur’an.
d. Memberi makan orang yang sedang berpuasa.
e. Memberi makan orang fakir dan miskin.
f.  Beristighfar (minta ampun) dan bertaubat.
g.  I’tikaf, terutama pada sepuluh hari yang terakhir.
h. Mempererat silaturrahim.
i.  Sungguh-sungguh dalam menggapai malam Lailatul Qadar.
j.  Dan lain-lain. 

Kalau bisa membaca Al-Quran nya diusahakan khatam. 1 hari 1 juz, kalau niat insyaAllah
bisa..aamiin.

3.   Berbuka dengan Kurma
Kemarin pas lihat Ustadz Maulana di salah satu stasiun TV swasta. Beliau bilang, berbukalah dengan kurma, saat sahur pun juga begitu. Kenapa?
Karena beliau berkata  berbuka dengan kurma itu ada pahalanya. Subhanallah, saat kita melakukan perintah ALLah SWT dan saat membatalkan puasa dengan kurma saja dapat pahala. Senangnya ya.. ayo beli kurma^^
Saya dulu tidak begitu suka kurma, karena seseorang dan tahu khasiat buah ini dibandingkan buah yang Lain…eh sekarang jadi suka deh. 

Dari Abu Hurairah, ujarnya : Rasulullah SAW bersabda: " Sebaik-baik makan sahur bagi orang mukmin adalah kurma." (HR Ibnu Hibban dan Baihaqi)

Penjelasan : 
Bahan makanan untuk sahur yang paling besar barakahnya dan paling baik adalah buah kurma. Buah kurma tidak hanya baik untuk berbuka, tetapi juga sangat baik untuk sahur. Hal ini berarti bahwa sahur dengan buah kurma merupakan sunnah Nabi, yang berarti berpahala. Ada keuntungan ganda bagi orang yang sahur dengan buah kurma, yaitu pahala dan kenyang.



4.   Ayo mari Kita Berbagi Ta'jil.
Pahala melimpah di balik memberi makan berbuka. Bulan Ramadhan adalah kesempatan menuai pahala berlimpah. Banyak amalan yang bisa kita lakukan agar menuai ganjaran yang luar biasa. Dengan memberi sesuap nasi, segelas teh hangat, secuil kurma atau sepotong kue, itu pun bisa menjadi ladang pahala.

"Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun." 
(HR. At Tirmidzi, beliau berkata, "Hadist Hasan Shahih")



5.   I'tikaf
Alhamdulillah segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah menjadikan bulan Ramadan yg di dalamnya terdapat Lailatul Qadar yg penuh rahmat.
Nah, pada tahu dong Lailatul_Qadar … benar benar kita harus meningkatkan ibadah kita. Dengan cara sholat, tadarus harus lebih khusuk lagi. Nah, semuanya pada siap-siap i'tikaf ya di masjid terdekat. Semoga kita smua termasuk orang orang yang beruntung di bawah naungan ALLaH SWT aamiin. 


6.   Membantu Membuat Ketupat.
Hayo sapa yang mau banyak amalan?? Seminggu sebelum Lebaran kan sudah banyak tuh yang mempersiapkan kue, hidangan, menu untuk di hari yang fitri. Salah satunya adalah buat ketupat. Yup benar dengan hanya kamu ikut bantu buat ketupat aja itu beramal loh….. Kan buat makan semua orang nanti. Kebayang kan saat kumpul ramai ramai merangkai membuat tempat ketupatnya, ada yang mengisi ketupat dengan beras dengan seksama (agar hasil ketupatnya bagus, ga ada sisa-sisa nasinya), ada yang memasak/ menunggu ketupat masak dengan sempurna hingga matang.

*saya pernah loh kebagian buat ketupat + memasaknya di tungku selama 5 jam pas pulang ke rumah eyang di Jogja dulu. Badan bau asap haha, tapi senang ketupatnya bagus, banyak yang nambah makannya (sepertinya sayur+lauknya juga yang enak =P)


7.   Berbagi di Hari yang Fitri.
Nah ini dia yang ditunggu tunggu apa….. Mau tau? Mau tau? Dan jawabannya adalaaaah Belanja. Yup. That’s right, ngaku deh kamu pasti seneng kegiatan ini kan… Laki laki aja suka, gimana wanita hehe.
Ingat belanja untuk kebutuhan Lebaran, jangan berLebihan karena ALLah tidak suka sesuatu yang berlebihan. Kamu belanja seperlunya kamu saja.  Dengan belanja kita bisa beramal juga loh… beli barang-barang, makanan untuk dibagikan kepada orang Lain. Senangnya kan bisa memberi :)

"Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan hingga 700 kali lipat. Allah berkata, `Kecuali puasa, maka Aku yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsunya dan makannya karena Aku’.” (HR. Imam Muslim).

Ibaratnya jika diadakan Mid-Year Sale, Holiday/New-Year Sale, Lebaran Sale, seperti beli dua dapat gratis satu atau discount sampai 70%, biasanya orang berlomba-lomba mendatanginya. Nah, apalagi pahala yang berlimpah saat Ramadhan. Sepantasnya, minat yang jauh lebih tinggi kita tujukan untuk beribadah kepadaNya.

Masih banyak lagi loh ibadah dan amalan yang dapat kita lakukan selama bulan Ramadhan.
Yang terpenting niatnya hanya karena ALLaH SWT ya.



SeLamat menjalankan ibadah puasa ya :)
THanx for reading this post, semoga bermanfaat.


Wassalam
seF secHa


Update : 

subhanallah : received an award 


8 comments:

  1. sarat ilmu..gambarnya unyu2...visit me back ya,

    ReplyDelete
  2. nice blog ... link sist dah dipasang di Link Sahabat Cijolang and ane dah follow ur blog ... ditunggu follbacknya ya ...

    ReplyDelete
  3. nice...^_^.let me share yaa.thxalot

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks :)
      iya ini udah th kemarin,, th ini ga ikut kompetisi:D

      Delete